Wednesday, September 28, 2011

Terminal Bus BLOK M - EGD




Perkembangan kota dan kemajuan teknologi telah mengembangkan penggunaan alat angkut yang bersifat kolektif. Sebuah kota metropolitan mensyaratkan ketersediaan sistem transportasi umum yang baik. Sistem ini harus pula didukung infrastruktur yang terencana baik jasa transportasi maupun sarana pendukungnya, termasuk terminal dan halte.Terminal harus dapat menjalankan fungsinya dengan efektif dan memudahkan semua kalangan pengguna secara umum. 

Environmental graphic design atau istilahnya “grafik lingkungan” adalah segala bentuk grafis yang ada dilingkungan. Termasuk di dalamnya berupa tanda-tanda penunjuk arah, ornament grafis pada sebuah bangunan. Ruang lingkup EGD mencakup signed, wayfinding system, exhibition design, information design, pictogram juga placemaking. EGD memiliki tujuan sebagai media informasi yaitu sebuah desain yang menyampaikan informasi untuk mengubah pikiran dari yang tidak tahu jadi tahu. 

Terminal Blok M adalah suatu terminal yang berada di DKI Jakarta dan tepatnya berada diwilayah Kodya Jakarta Selatan, yang terdapat di Jalan Sultan Hasanudin,Kel. Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160. Terminal ini diresmikan pada tanggal 03 Oktober 1992 , sebelum disebut dengan terminal Blok M, terminal ini mempunyai sebuah nama yaitu Terminal CWS yang merupakan singkatan dari Centreale Stichting Wederopbow atau dalam bahasa Indonesianya adalah Kejaksaan Agung Indonesia. Terminal Blok M ini dibangun menjadi 6 jalur yang saling berhubungan satu sama lain meskipun setiap jalur diberi pagar pembatas untuk keselamatan para penumpang, 2 pintu masuk lobby terminal yang menghubungkan pusat pusat perbelanjaan yang berada di bawah terminal ini sendiri, di buat 12 pintu masuk pusat perdagangan, 862 kendaraan, 66.724 pemumpang per hari dan 41 trayek rute bus yang dilalui setiap jurusan bus-nya yang menuju kepelosok daerah Jakarta dan sekitarnya.




1 comment: